Selamat pagi kawan nah kali ini putra akan berbagi bagaimana cara menggunakan cash point, bagi yang belum punya sofwarenys islahkan download melalui link di bawah yah:
Cash Point adalah program aplikasi yang dibuat untuk membantu prosedur sistematis usaha kecil menengah dalam hal mengelola keuangan, pemantauan stok dan
aktifitas transaksi kasir. Cash Point dapat digunakan untuk berbagai bentuk bidang usaha seperti retail, restoran dan lain-lain.
REKOMENDASI HARDWARE
* Prossesor: Pentium 4 atau lebih
* RAM: 512MB atau lebih
* Harddisk: 40GB atau lebih
* Monitor: mendukung resolusi 1024x768 ke atas
OPTIONAL HARDWARE
* Barcode Scanner
* Printer
* Mini/POS Printer
PETUNJUK PENGGUNAAN
MEMBUAT DATABASE
* Pada tampilan awal Cash Point yaitu pada Form Login klik tombol New, maka muncul Form New Database.
* Ketikan Nama Database maka secara otomatis pada field Path Database akan tampil alamat direktori file Database yang akan dibuat nantinya
* Jika Nama Database sudah diisikan lalu klik OK atau atau tekan ENTER pada Keyboard, Database baru telah dibuat dan dapat Anda pilih di dalam field Database
Form Login
* Jika Anda ingin menggunakan database pada direktori tertentu atau file Database terdapat pada direktori LAN (untuk Aplikasi Multiuser dengan 1 database yang
dibagi pakai antar PC), maka tandai checkbox Koneksi Database dari Path\LAN,isikan alamat file Database yang dituju, test koneksi dengan mengklik tombol Connect
lalu klik tombol OK jika sudah selesai
FIRST LOGIN
* Pada tampilan awal Cash Point yaitu pada Form Login tentukan Database dengan memilih Database pada field Database lalu tekan ENTER.
* Isikan Username pada field Username, jika Anda melakukan Login untuk pertama kalinya atau pada Database yang baru dibuat maka Username defaultnya adalah Admin,
jika sudah diisikan lalu tekan ENTER
* Isikan Password pada field Password, jika Anda melakukan Login untuk pertama kalinya atau pada Database yang baru dibuat maka Password defaultnya adalah Admin,
jika sudah diisikan lalu tekan ENTER atau klik tombol OK maka Anda akan masuk pada tampilan Form Awal Cash Point.
SETTING APLIKASI
Setelah Anda melakukan LOGIN tekan F7 atau klik Menu SETTING, maka Form SETTING akan tampil. Anda dapat mengatur konfigurasi aplikasi Anda melalui Form ini.
* Isikan nama Perusahaan, Alamat dan Telepon Anda tekan ENTER untuk melakukan perpindahan field.
* Isikan field NOTA data yang diisikan di dalam field NOTA nantinya akan ditampilkan setiap mencetak nota/bukti transaksi, tekan ENTER untuk melakukan
perpindahan field.
* Tentukan port Printer pada field PORT PRINTER. Jika Anda tidak menggunakan Printer dengan port kabel LPT atau COM maka sebaiknya pilih Default saja, ini
berarti Anda menggunakan Default Printer dan pastikan driver Printer Anda terinstal dengan baik. Tetapi jika Anda memiliki Printer dengan port kabel LPT atau COM
sebaiknya tentukan pilihan Anda pada port dimana kabel Printer terpasang, ini dapat membuat pencetakan lebih cepat dan Anda tidak perlu menginstal driver
tersebut.
* Jika sudah tekan ENTER atau klik tombol SIMPAN untuk menyimpan.
SETTING USER
User default untuk Database yang baru dibuat adalah Admin dan Passwordnya adalah Admin. Setelah melakukan Login Anda dapat merubah Password tersebut ataupun
menghapus Usernya. Anda juga dapat menambah User baru dan mengatur hak aksesnya. Anda dapat mengatur hak akses User yaitu form-form mana saja yang dapat dibuka
oleh User tersebut. Setelah melakukan Login klik Menu USER maka Form USER akan ditampilkan.
MENAMBAH USER
* Untuk menambah User baru langsung ketikan nama User pada field Username lalu tekan ENTER untuk berpindah Field.
* Isikan Password pada field Password.
* Tentukan hak akses User yang akan dibuat tersebut dengan menandai checkbox form-form mana saja yang boleh dibuka oleh User tersebut.
* Klik tombol SIMPAN untuk menyimpan, User baru telah terbuat.
* Anda dapat mencoba Login dengan User yang baru Anda buat, tutup Form User lalu klik menu LOGOUT untuk keluar jika ada pertanyaan pilih OK.
* Form LOGIN akan tampil isikan Username dan Password yang baru Anda buat tadi lalu cobalah untuk Login.
MENGUBAH USER
* Pilih Username yang ingin dirubah di field USERNAME.
* Setelah itu Anda dapat merubah Password dan hak aksesnya lalu klik tombol SIMPAN.
MENGHAPUS USER
* Pilih Username yang ingin dihapus di field USERNAME.
* Setelah itu tekan tombol HAPUS jika ada pertanyaan pilih OK.
* User telah terhapus dan tidak dapat melakukan Login, jika Anda sedang aktif dengan User yang dihapus tersebut maka sebaiknya Anda melakukan LOGOUT.
MASTERING DATA
Tekan F2 atau klik menu MASTER maka akan tampil Form MASTER. Form MASTER dapat digunakan untuk Mastering Data tetap yang akan digunakan untuk berbagai transaksi,
data yang dapat di Mastering antara lain;
1. Data Jual Beli
Data Jual Beli dapat digunakan untuk menyimpan master data barang yang re-sale atau barang yang dibeli lalu dijual lagi tanpa ada perubahan pada barang
tersebut, misalnya seperti Handphone, Alat Tulis dan barang re-sale lainnya. Data Jual Beli langsung mempengaruhi stok yaitu 1 banding 1, yaitu akan menambah
stok jika melakukan pembelian dan akan mengurangi stok jika melakukan penjualan.
2. Data Penjualan
Data Penjualan dapat digunakan untuk menyimpan master data produk, baramg atau jasa yang akan dijual. Data Penjualan tidak hanya untuk barang re-sale saja
tetapi untuk segala yang dapat dijual. Pengisian Data Penjualan tidak langsung mempengaruhi stok jadi Anda harus mensetting sendiri pada Form STOK jumlah dan
stok apa saja yang akan berkurang jika dilakukan penjualan.
3. Data Pembelian
Data Pembelian dapat digunakan untuk menyimpan master data barang atau jasa yang dibeli untuk menghasilkan produk, barang atau jasa yang akan dijual.
Pengisian Data Pembelian tidak langsung mempengaruhi stok jadi Anda harus mensetting sendiri pada Form STOK jumlah dan stok apa saja yang akan bertambah jika
dilakukan penjualan.
4. Data Kas Masuk
Data Kas Masuk dapat digunakan untuk menyimpan master data yang akan menambah uang kas jika dilakukan transaksi diluar penjualan, misalnya seperti modal awal,
penambahan modal, pinjaman dan lain-lain.
5. Data Kas Keluar
Data Kas Keluar dapat digunakan untuk menyimpan master data yang akan mengurangi uang kas jika dilakukan transaksi diluar pembelian, misalnya seperti
penarikan kas oleh owner, gaji karyawan, sewa tempat dan lain-lain.
6. Data Pelanggan
Disini Anda dapat menyimpan data pelanggan Anda untuk Aplikasi standard Anda dapat mengisinya dengan nama-nama pelanggan ataupun Anda bisa mengisinya dengan
data-data misalnya seperti meja (restoran) dan rumah pelanggan (developer) tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
7. Data Supplier
Disini Anda dapat menyimpan data pemasok barang-barang Anda, seperti data toko grosir tempat Anda membeli barang-barang stok Anda atau juga nama dari orang
yang memasok barang tentu juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
8. Data Karyawan
Disini Anda dapat menyimpan data-data karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda, termasuk juga data Anda/Owner itu sendiri.
FUNGSI FIELD DAN TOMBOL PADA FORM MASTER
* TOMBOL TAMBAH: MEMBUAT MASTER DATA
- Pastikan Anda sedang bekerja dengan Form MASTER, lalu tekan tombol + pada Keyboard atau klik tombol Tambah, maka Form TAMBAH akan muncul.
- Isikan data pada field yang tersedia dalam Form tersebut lalu klik simpan atau tekan tombol ENTER pada Keyboard untuk perpindahan field dan menyimpan data.
* TOMBOL UBAH: MENGUBAH MASTER DATA
- Aktifkan Form MASTER dengan mengklik menu MASTER. Tentukan data pada field data, maka data akan ditampilkan dalam bentuk tabel.
- Pilih data yang ingin diubah dengan mengklik data tersebut pada tabel lalu tekan ENTER atau double klik data tersebut.
- Form Ubah akan tampil, isikan perubahan data pada Form tersebut lalu klik simpan atau tekan tombol ENTER pada Keyboard untuk berpindah field dan menyimpan
data.
* TOMBOL HAPUS: MENGHAPUS MASTER DATA
- Aktifkan Form MASTER dengan mengklik menu MASTER. Tentukan data pada field data, maka data akan ditampilkan dalam bentuk tabel.
- Pilih data yang ingin dihapus dengan mengklik data tersebut pada tabel lalu tekan DEL atau klik tombol Hapus.
- Jika ada pertanyaan pilih Yes, maka data terpilih akan terhapus.
* TOMBOL CETAK: MENCETAK MASTER DATA
- Pastikan Printer Anda dalam keadaan hidup lalu tekan tombol CETAK, maka seluruh data yang terdapat pada tabel akan dicetak.
* TOMBOL REFRESH: MENAMPILKAN ULANG TABEL MASTER DATA
* TOMBOL BERSIH: MENGHAPUS MASSAL MASTER DATA
- Tandai checkbox data yang ingin dihapus di dalam tabel atau Anda dapat menandai semua data di dalam tabel dengan menandai checkbox TANDAI SEMUA.
- Tekan BERSIH untuk menghapus seluruh data yang telah ditandai di dalam tabel.
* FIELD CARI: UNTUK MELAKUKAN PENCARIAN DATA
- Tentukan kata kunci dengan mengetik di dalam field cari lalu tekan ENTER atau klik CARI
- Maka seluruh data yang menyerupai kata kunci akan ditampilkan.
FIELD KATEGORI: MENAMPILKAN DATA DENGAN KATEGORI YANG DITENTUKAN
- Tentukan kategori dengan memilih kategori di dalam field KATEGORI
- Maka seluruh data yang memiliki kategori seperti yang dipilih akan ditampilkan
STOK
Tekan F4 untuk berpindah ke Form STOK. Pada Form STOK Anda dapat menambah atau mengurangi stok secara manual dan juga mengatur setting stok yang keluar setiap
Penjualan ataupun stok masuk dalam setiap Pembelian.
* Untuk menambah stok secara manual klik salah satu barang dalam tabel STOK, atur jumlah stok yang ingin ditambahkan, lalu klik tombol +
* Untuk mengurangi stok secara manual klik salah satu barang dalam tabel STOK, atur jumlah stok yang ingin dikurangi, lalu klik tombol -
SETTING STOK
Mengatur setting stok yang keluar setiap Penjualan ataupun stok masuk dalam setiap Pembelian.
* Klik barang yang ingin di setting pada tabel STOK lalu klik tombol DETAIL atau Anda dapat mendouble klik barang yang ada di tabel
* Pada field STOK MASUK SETIAP PEMBELIAN klik tombol TAMBAH maka akan tampil Form
* Disini Anda dapat menentukan jumlah barang yang akan keluar setiap melakukan pembelian barang
* Masukan kode barang yang akan dibeli pada field KODE lalu masukan jumlahnya pada field JUMLAH, tekan tombol SIMPAN
* Dengan setting tersebut maka setiap pembelian barang akan mengurangi jumlah stok sebesar jumlah yang dimasukan pada field JUMLAH
* Pada field STOK MASUK SETIAP PENJUALAN klik tombol TAMBAH maka akan tampil Form
* Disini Anda dapat menentukan jumlah barang yang akan keluar setiap melakukan penjualan barang
* Masukan kode barang yang akan dijual pada field KODE lalu masukan jumlahnya pada field JUMLAH, tekan tombol SIMPAN
* Dengan setting tersebut maka setiap penjualan barang akan mengurangi jumlah stok sebesar jumlah yang dimasukan pada field JUMLAH
MELAKUKAN TRANSAKSI KASIR
Tekan F1 atau klik menu KASIR maka akan tampil Form KASIR. Dengan menggunakan Form KASIR ini kita dapat melakukan berbagai jenis transaksi, antara lain;
1. Transaksi Penjualan
2. Transaksi Pembelian
3. Transaksi Kas Masuk
4. Transaksi Kas Keluar
* Tanggal transaksi default adalah hari ini, Anda dapat merubah tanggal transaksi di field TANGGAL
* Tentukan jenis transaksi dengan memilihnya pada field AKSI, lalu tekan ENTER untuk berpindah field
* Tentukan Person In Charge (Pelanggan/Supplier/Penyetor/Penerima) dengan memilihnya pada field CHARGE, tekan ENTER untuk berpindah field
* Ketikan kode pada field KODE untuk menentukan barang yang dijual/dibeli atau data transaksinya. Anda juga dapat mengambil datanya dengan menekan tombol BROWSE,
tentukan barang/data dengan mengkliknya pada tabel lalu klik tombol OK atau tekan ENTER. Tekan ENTER untuk berpindah field.
* Masukan jumlah barang/data pada field JUMLAH lalu klik tombol TAMBAH atau tekan ENTER, maka barang/data akan masuk ke dalam tabel KERANJANG BELANJA.
* Masukan barang/data lagi ke dalam tabel KERANJANG BELANJA bila masih ada.
* Jika sudah klik field BAYAR masukan uang yang dibayarkan lalu klik OK atau tekan ENTER. Jika Anda tidak ingin mencetak nota bukti transaksi sebelum mengklik OK
atau menekan ENTER hilangkan dulu cek pada field CETAK NOTA.
* Kalau Anda ingin menyimpan transaksi tanpa melakukan pembayaran Anda dapat menyimpannya dengan mengklik tombol OK yang ada di ujung sebelah kanan Form.
FUNGSI TOMBOL PADA FORM KASIR - KERANJANG BELANJA
TOMBOL PINDAH: MEMINDAHKAN BARANG/DATA DARI CHARGE AKTIF KE CHARGE LAIN
TOMBOL PISAH: MEMISAHKAN BARANG/DATA YANG JUMLAH/QUANTITY-NYA LEBIH DARI 1 MENJADI TERPECAH 1-1
TOMBOL BERSIH: MENGHAPUS BARANG/DATA YANG SUDAH DITANDAI PADA TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL BARCODE: MEMASUKAN DATA BARANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BARCODE SCANNER
TOMBOL TAMBAH: MELAKUKAN PENAMBAHAN BARANG/DATA KE DALAM TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL UBAH: MELAKUKAN PENGUBAHAN BARANG/DATA YANG ADA DI DALAM TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL HAPUS: MENGHAPUS BARANG/DATA YANG ADA DI DALAM TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL CETAK: MENCETAK NOTA BUKTI PEMBAYARAN TANPA MENYIMPAN TRANSAKSI
MENCETAK LAPORAN DI JURNAL
Tekan F3 atau klik menu JURNAL maka Form JURNAL akan tampil. Form JURNAL digunakan untuk menampilkan berbagai hasil laporan yang diolah dari data transaksi dan
dapat dicetak.
* Tentukan laporan apa yang ingin ditampilkan/dicetak pada field LAPORAN
* Tentukan dari tanggal berapa dan sampai tanggal berapa laporan yang ingin ditampilkan/dicetak pada field DARI-KE
* Klik tombol CETAK untuk mencetak laporan dengan menggunakan printer
MAINTENANCE DATABASE
* Tombol RESTORE: digunakan untuk mereload kembali database yang pernah disimpan dahulu (hati-hati ini akan menimpa data pada database yang sedang aktif)
* Tombol BACKUP: digunakan untuk menyimpan database ke dalam file agar database bisa dikembalikan (RESTORE) jika data asli rusak atau hilang
* Tombol DROP: digunakan untuk menghapus database yang sedang aktif
aktifitas transaksi kasir. Cash Point dapat digunakan untuk berbagai bentuk bidang usaha seperti retail, restoran dan lain-lain.
REKOMENDASI HARDWARE
* Prossesor: Pentium 4 atau lebih
* RAM: 512MB atau lebih
* Harddisk: 40GB atau lebih
* Monitor: mendukung resolusi 1024x768 ke atas
OPTIONAL HARDWARE
* Barcode Scanner
* Printer
* Mini/POS Printer
PETUNJUK PENGGUNAAN
MEMBUAT DATABASE
* Pada tampilan awal Cash Point yaitu pada Form Login klik tombol New, maka muncul Form New Database.
* Ketikan Nama Database maka secara otomatis pada field Path Database akan tampil alamat direktori file Database yang akan dibuat nantinya
* Jika Nama Database sudah diisikan lalu klik OK atau atau tekan ENTER pada Keyboard, Database baru telah dibuat dan dapat Anda pilih di dalam field Database
Form Login
* Jika Anda ingin menggunakan database pada direktori tertentu atau file Database terdapat pada direktori LAN (untuk Aplikasi Multiuser dengan 1 database yang
dibagi pakai antar PC), maka tandai checkbox Koneksi Database dari Path\LAN,isikan alamat file Database yang dituju, test koneksi dengan mengklik tombol Connect
lalu klik tombol OK jika sudah selesai
FIRST LOGIN
* Pada tampilan awal Cash Point yaitu pada Form Login tentukan Database dengan memilih Database pada field Database lalu tekan ENTER.
* Isikan Username pada field Username, jika Anda melakukan Login untuk pertama kalinya atau pada Database yang baru dibuat maka Username defaultnya adalah Admin,
jika sudah diisikan lalu tekan ENTER
* Isikan Password pada field Password, jika Anda melakukan Login untuk pertama kalinya atau pada Database yang baru dibuat maka Password defaultnya adalah Admin,
jika sudah diisikan lalu tekan ENTER atau klik tombol OK maka Anda akan masuk pada tampilan Form Awal Cash Point.
SETTING APLIKASI
Setelah Anda melakukan LOGIN tekan F7 atau klik Menu SETTING, maka Form SETTING akan tampil. Anda dapat mengatur konfigurasi aplikasi Anda melalui Form ini.
* Isikan nama Perusahaan, Alamat dan Telepon Anda tekan ENTER untuk melakukan perpindahan field.
* Isikan field NOTA data yang diisikan di dalam field NOTA nantinya akan ditampilkan setiap mencetak nota/bukti transaksi, tekan ENTER untuk melakukan
perpindahan field.
* Tentukan port Printer pada field PORT PRINTER. Jika Anda tidak menggunakan Printer dengan port kabel LPT atau COM maka sebaiknya pilih Default saja, ini
berarti Anda menggunakan Default Printer dan pastikan driver Printer Anda terinstal dengan baik. Tetapi jika Anda memiliki Printer dengan port kabel LPT atau COM
sebaiknya tentukan pilihan Anda pada port dimana kabel Printer terpasang, ini dapat membuat pencetakan lebih cepat dan Anda tidak perlu menginstal driver
tersebut.
* Jika sudah tekan ENTER atau klik tombol SIMPAN untuk menyimpan.
SETTING USER
User default untuk Database yang baru dibuat adalah Admin dan Passwordnya adalah Admin. Setelah melakukan Login Anda dapat merubah Password tersebut ataupun
menghapus Usernya. Anda juga dapat menambah User baru dan mengatur hak aksesnya. Anda dapat mengatur hak akses User yaitu form-form mana saja yang dapat dibuka
oleh User tersebut. Setelah melakukan Login klik Menu USER maka Form USER akan ditampilkan.
MENAMBAH USER
* Untuk menambah User baru langsung ketikan nama User pada field Username lalu tekan ENTER untuk berpindah Field.
* Isikan Password pada field Password.
* Tentukan hak akses User yang akan dibuat tersebut dengan menandai checkbox form-form mana saja yang boleh dibuka oleh User tersebut.
* Klik tombol SIMPAN untuk menyimpan, User baru telah terbuat.
* Anda dapat mencoba Login dengan User yang baru Anda buat, tutup Form User lalu klik menu LOGOUT untuk keluar jika ada pertanyaan pilih OK.
* Form LOGIN akan tampil isikan Username dan Password yang baru Anda buat tadi lalu cobalah untuk Login.
MENGUBAH USER
* Pilih Username yang ingin dirubah di field USERNAME.
* Setelah itu Anda dapat merubah Password dan hak aksesnya lalu klik tombol SIMPAN.
MENGHAPUS USER
* Pilih Username yang ingin dihapus di field USERNAME.
* Setelah itu tekan tombol HAPUS jika ada pertanyaan pilih OK.
* User telah terhapus dan tidak dapat melakukan Login, jika Anda sedang aktif dengan User yang dihapus tersebut maka sebaiknya Anda melakukan LOGOUT.
MASTERING DATA
Tekan F2 atau klik menu MASTER maka akan tampil Form MASTER. Form MASTER dapat digunakan untuk Mastering Data tetap yang akan digunakan untuk berbagai transaksi,
data yang dapat di Mastering antara lain;
1. Data Jual Beli
Data Jual Beli dapat digunakan untuk menyimpan master data barang yang re-sale atau barang yang dibeli lalu dijual lagi tanpa ada perubahan pada barang
tersebut, misalnya seperti Handphone, Alat Tulis dan barang re-sale lainnya. Data Jual Beli langsung mempengaruhi stok yaitu 1 banding 1, yaitu akan menambah
stok jika melakukan pembelian dan akan mengurangi stok jika melakukan penjualan.
2. Data Penjualan
Data Penjualan dapat digunakan untuk menyimpan master data produk, baramg atau jasa yang akan dijual. Data Penjualan tidak hanya untuk barang re-sale saja
tetapi untuk segala yang dapat dijual. Pengisian Data Penjualan tidak langsung mempengaruhi stok jadi Anda harus mensetting sendiri pada Form STOK jumlah dan
stok apa saja yang akan berkurang jika dilakukan penjualan.
3. Data Pembelian
Data Pembelian dapat digunakan untuk menyimpan master data barang atau jasa yang dibeli untuk menghasilkan produk, barang atau jasa yang akan dijual.
Pengisian Data Pembelian tidak langsung mempengaruhi stok jadi Anda harus mensetting sendiri pada Form STOK jumlah dan stok apa saja yang akan bertambah jika
dilakukan penjualan.
4. Data Kas Masuk
Data Kas Masuk dapat digunakan untuk menyimpan master data yang akan menambah uang kas jika dilakukan transaksi diluar penjualan, misalnya seperti modal awal,
penambahan modal, pinjaman dan lain-lain.
5. Data Kas Keluar
Data Kas Keluar dapat digunakan untuk menyimpan master data yang akan mengurangi uang kas jika dilakukan transaksi diluar pembelian, misalnya seperti
penarikan kas oleh owner, gaji karyawan, sewa tempat dan lain-lain.
6. Data Pelanggan
Disini Anda dapat menyimpan data pelanggan Anda untuk Aplikasi standard Anda dapat mengisinya dengan nama-nama pelanggan ataupun Anda bisa mengisinya dengan
data-data misalnya seperti meja (restoran) dan rumah pelanggan (developer) tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
7. Data Supplier
Disini Anda dapat menyimpan data pemasok barang-barang Anda, seperti data toko grosir tempat Anda membeli barang-barang stok Anda atau juga nama dari orang
yang memasok barang tentu juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
8. Data Karyawan
Disini Anda dapat menyimpan data-data karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda, termasuk juga data Anda/Owner itu sendiri.
FUNGSI FIELD DAN TOMBOL PADA FORM MASTER
* TOMBOL TAMBAH: MEMBUAT MASTER DATA
- Pastikan Anda sedang bekerja dengan Form MASTER, lalu tekan tombol + pada Keyboard atau klik tombol Tambah, maka Form TAMBAH akan muncul.
- Isikan data pada field yang tersedia dalam Form tersebut lalu klik simpan atau tekan tombol ENTER pada Keyboard untuk perpindahan field dan menyimpan data.
* TOMBOL UBAH: MENGUBAH MASTER DATA
- Aktifkan Form MASTER dengan mengklik menu MASTER. Tentukan data pada field data, maka data akan ditampilkan dalam bentuk tabel.
- Pilih data yang ingin diubah dengan mengklik data tersebut pada tabel lalu tekan ENTER atau double klik data tersebut.
- Form Ubah akan tampil, isikan perubahan data pada Form tersebut lalu klik simpan atau tekan tombol ENTER pada Keyboard untuk berpindah field dan menyimpan
data.
* TOMBOL HAPUS: MENGHAPUS MASTER DATA
- Aktifkan Form MASTER dengan mengklik menu MASTER. Tentukan data pada field data, maka data akan ditampilkan dalam bentuk tabel.
- Pilih data yang ingin dihapus dengan mengklik data tersebut pada tabel lalu tekan DEL atau klik tombol Hapus.
- Jika ada pertanyaan pilih Yes, maka data terpilih akan terhapus.
* TOMBOL CETAK: MENCETAK MASTER DATA
- Pastikan Printer Anda dalam keadaan hidup lalu tekan tombol CETAK, maka seluruh data yang terdapat pada tabel akan dicetak.
* TOMBOL REFRESH: MENAMPILKAN ULANG TABEL MASTER DATA
* TOMBOL BERSIH: MENGHAPUS MASSAL MASTER DATA
- Tandai checkbox data yang ingin dihapus di dalam tabel atau Anda dapat menandai semua data di dalam tabel dengan menandai checkbox TANDAI SEMUA.
- Tekan BERSIH untuk menghapus seluruh data yang telah ditandai di dalam tabel.
* FIELD CARI: UNTUK MELAKUKAN PENCARIAN DATA
- Tentukan kata kunci dengan mengetik di dalam field cari lalu tekan ENTER atau klik CARI
- Maka seluruh data yang menyerupai kata kunci akan ditampilkan.
FIELD KATEGORI: MENAMPILKAN DATA DENGAN KATEGORI YANG DITENTUKAN
- Tentukan kategori dengan memilih kategori di dalam field KATEGORI
- Maka seluruh data yang memiliki kategori seperti yang dipilih akan ditampilkan
STOK
Tekan F4 untuk berpindah ke Form STOK. Pada Form STOK Anda dapat menambah atau mengurangi stok secara manual dan juga mengatur setting stok yang keluar setiap
Penjualan ataupun stok masuk dalam setiap Pembelian.
* Untuk menambah stok secara manual klik salah satu barang dalam tabel STOK, atur jumlah stok yang ingin ditambahkan, lalu klik tombol +
* Untuk mengurangi stok secara manual klik salah satu barang dalam tabel STOK, atur jumlah stok yang ingin dikurangi, lalu klik tombol -
SETTING STOK
Mengatur setting stok yang keluar setiap Penjualan ataupun stok masuk dalam setiap Pembelian.
* Klik barang yang ingin di setting pada tabel STOK lalu klik tombol DETAIL atau Anda dapat mendouble klik barang yang ada di tabel
* Pada field STOK MASUK SETIAP PEMBELIAN klik tombol TAMBAH maka akan tampil Form
* Disini Anda dapat menentukan jumlah barang yang akan keluar setiap melakukan pembelian barang
* Masukan kode barang yang akan dibeli pada field KODE lalu masukan jumlahnya pada field JUMLAH, tekan tombol SIMPAN
* Dengan setting tersebut maka setiap pembelian barang akan mengurangi jumlah stok sebesar jumlah yang dimasukan pada field JUMLAH
* Pada field STOK MASUK SETIAP PENJUALAN klik tombol TAMBAH maka akan tampil Form
* Disini Anda dapat menentukan jumlah barang yang akan keluar setiap melakukan penjualan barang
* Masukan kode barang yang akan dijual pada field KODE lalu masukan jumlahnya pada field JUMLAH, tekan tombol SIMPAN
* Dengan setting tersebut maka setiap penjualan barang akan mengurangi jumlah stok sebesar jumlah yang dimasukan pada field JUMLAH
MELAKUKAN TRANSAKSI KASIR
Tekan F1 atau klik menu KASIR maka akan tampil Form KASIR. Dengan menggunakan Form KASIR ini kita dapat melakukan berbagai jenis transaksi, antara lain;
1. Transaksi Penjualan
2. Transaksi Pembelian
3. Transaksi Kas Masuk
4. Transaksi Kas Keluar
* Tanggal transaksi default adalah hari ini, Anda dapat merubah tanggal transaksi di field TANGGAL
* Tentukan jenis transaksi dengan memilihnya pada field AKSI, lalu tekan ENTER untuk berpindah field
* Tentukan Person In Charge (Pelanggan/Supplier/Penyetor/Penerima) dengan memilihnya pada field CHARGE, tekan ENTER untuk berpindah field
* Ketikan kode pada field KODE untuk menentukan barang yang dijual/dibeli atau data transaksinya. Anda juga dapat mengambil datanya dengan menekan tombol BROWSE,
tentukan barang/data dengan mengkliknya pada tabel lalu klik tombol OK atau tekan ENTER. Tekan ENTER untuk berpindah field.
* Masukan jumlah barang/data pada field JUMLAH lalu klik tombol TAMBAH atau tekan ENTER, maka barang/data akan masuk ke dalam tabel KERANJANG BELANJA.
* Masukan barang/data lagi ke dalam tabel KERANJANG BELANJA bila masih ada.
* Jika sudah klik field BAYAR masukan uang yang dibayarkan lalu klik OK atau tekan ENTER. Jika Anda tidak ingin mencetak nota bukti transaksi sebelum mengklik OK
atau menekan ENTER hilangkan dulu cek pada field CETAK NOTA.
* Kalau Anda ingin menyimpan transaksi tanpa melakukan pembayaran Anda dapat menyimpannya dengan mengklik tombol OK yang ada di ujung sebelah kanan Form.
FUNGSI TOMBOL PADA FORM KASIR - KERANJANG BELANJA
TOMBOL PINDAH: MEMINDAHKAN BARANG/DATA DARI CHARGE AKTIF KE CHARGE LAIN
TOMBOL PISAH: MEMISAHKAN BARANG/DATA YANG JUMLAH/QUANTITY-NYA LEBIH DARI 1 MENJADI TERPECAH 1-1
TOMBOL BERSIH: MENGHAPUS BARANG/DATA YANG SUDAH DITANDAI PADA TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL BARCODE: MEMASUKAN DATA BARANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BARCODE SCANNER
TOMBOL TAMBAH: MELAKUKAN PENAMBAHAN BARANG/DATA KE DALAM TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL UBAH: MELAKUKAN PENGUBAHAN BARANG/DATA YANG ADA DI DALAM TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL HAPUS: MENGHAPUS BARANG/DATA YANG ADA DI DALAM TABEL KERANJANG BELANJA
TOMBOL CETAK: MENCETAK NOTA BUKTI PEMBAYARAN TANPA MENYIMPAN TRANSAKSI
MENCETAK LAPORAN DI JURNAL
Tekan F3 atau klik menu JURNAL maka Form JURNAL akan tampil. Form JURNAL digunakan untuk menampilkan berbagai hasil laporan yang diolah dari data transaksi dan
dapat dicetak.
* Tentukan laporan apa yang ingin ditampilkan/dicetak pada field LAPORAN
* Tentukan dari tanggal berapa dan sampai tanggal berapa laporan yang ingin ditampilkan/dicetak pada field DARI-KE
* Klik tombol CETAK untuk mencetak laporan dengan menggunakan printer
MAINTENANCE DATABASE
* Tombol RESTORE: digunakan untuk mereload kembali database yang pernah disimpan dahulu (hati-hati ini akan menimpa data pada database yang sedang aktif)
* Tombol BACKUP: digunakan untuk menyimpan database ke dalam file agar database bisa dikembalikan (RESTORE) jika data asli rusak atau hilang
* Tombol DROP: digunakan untuk menghapus database yang sedang aktif
Note :
- silahkan join dan inbok di halaman FB putracijaty KLIK DISINI dan untuk mendapatkan update terbaru dan invite BBM Chanel di C002039D7
- Segala kerusakan atau kerugian tidak di tanggung oleh kami (para admin putracijaty) disini kami hanya berbagi tutorial.
BUDAYAKAN IJIN BROO !!!
Jika ingin software atau yang lainnya Silahkan riquest dalam link berikut : "Riquest DOC/FILE". jangan lupa untuk klik iklannya untuk donasi.
NB : "Semua isi blog boleh di share asal cantumkan sumber dan
tidak merubah/menghilangkan link adf.ly nya kecuali file di reupload
ulang oleh anda"