Subscribe

Your Ads Here
73745675015091643

pengertian penilaian dan evaluasi

Evaluasi (evalution), pengukuran (measurement), dan penilaian (assessment). Evaluasi berasal dari kata evalution (bahasa inggris).kata tersebut diadopsi ke dalam pebendaharaan istilah dalam bahasa Indonesia dengan sedikit perubahan dari aslinya disesuaikan deenhgan lafal Indonesia menjadi evaluasi. Istilah penilaian merupakan kata benda dari nilai. Pengertian pengukuran mengacu pada kegiatan membandingkan sewsuatu denghan satuan tertentu, sehingga sifatnya menjadi kuntitatif. Ketiga istilah tersebut akan digunakan secara bergantian tanpa mengubah makna pembahasannya.
Surachman (1961, dalam andeson1975) memandang evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Devinisi yang lain dikemukakan worthen dan sanders (1973, dalam Anderson 1971). Keduanya menyatakan bahwa evaluasi adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu, dalam mencari sesuatu tersebut, juga termasuk mencari infortmasi yang bermanfaat dalam menilai keberhasilan suatu program, produksi, prosedur serta alternative strategi yang diajukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Stufflebeam (1971, dalam fernandes) seorang ahli terkenal dalam evaluasi programmengatakn bahwa evaluasi merupakan prosos penggambaran, pencarian, dan pemberian informasi yang bermanfaat bagi pengambil keputusan dalam mengambil. Alternative keputusan.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang kerjanya sesuatu, yang selanjutnyha infornasi tersebut digunakan untuk menentukan alternative yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan.
Pengertian pengukuran menurut para ahli
a. Menurut William Shockley ( id.wilkipedia.org/wiki/pengukuran). Pengukuran adalah perbandingan dengan standar.
b. Menurut Buana (www.fajar.co.id/news.php). Pengukuran adalah suatu kegiatan untuk mengetahui informasi atau data secara kuantitatif. Pengukuran tidak melibatkan pertimbangan mengenai baik-buruknya, tidak menentukan siapa yang lulus dan tidak lulus.
c. Menurut Rusli Lutan (2000:21) pengukuran ialah proses pengumpulan informasi.
d. Menurut Gronlund yang dikutip Sridadi (2007) pengukuran : suatu kegiatan atau proses untuk memperoleh deskripsi numerik dan tingkatan atau derajat karakteristik khusus yang dimiliki individu.
e. Menurut Allen Philips (1979: 1-2) a measure is the score that has been assigned on the basis of a test. ( Pengukuran adalah mencetak prestasi yang telah ditugaskan atas dasar suatu perjanjian.)
f. Menurut Kerlinger yang dikutip Sridadi (2007) pengukuran : sebagai pemberian angka-angka pada obyek atau kejadian-kejadian menurut suatu aturan tertentu.
g. Menurut id.wilkipedia.org/wiki/pengukuran. Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan pengukuran. Pengukuran tidak hanya terbatas pada kuantitas fisik, tetapi juga dapat diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang bisa dibayangkan, seperti tingkat ketidakpastian, atau kepercayaan konsumen.
h. Menurut Sridadi (2007) pengukuran adalah suatu prose yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh besaran kuantitatif dari suatu obyek tertentu dengan menggunakan alat ukur yang baku.
i. Menurut Wolf (1984: 7) Measurement is the act of process of measuring. (Pengukuran adalah tindakan dari proses dari mengukur.)

Newer Posts Older Posts

Yuk saling berkomentar memberikan masukan positif...

Post a Comment (0)
Your Ads Here

Ads middle content2

Your Ads Here